Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal terus mendorong proses digitalisasi transaksi di tengah masyarakat..
Sumber :
  • tim tvOne - Edi Mustofa

BI Tegal Dorong Dunia Pendidikan Gunakan Transaksi Berbasis Digital

Minggu, 20 Agustus 2023 - 00:08 WIB

Pekalongan, tvOnenews.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal terus mendorong proses digitalisasi transaksi  di masyarakat. Salah satunya menyasar kepada para tenaga pendidik melalui kegiatan Capacity Building Kebanksentralan, Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBPR) dan Sistem Pembayaran Non Tunai kepada para Tenaga Pendidik di Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang yang berlangsung di Hotel Santika Pekalongan, Sabtu (19/08/2023).

Kepala Unit Data Statistik dan Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Taufik menyampaikan bahwa ada 3 materi yang diusung dalam kegiatan Capacity Building bagi para tenaga pendidik ini, yakni terkait kebanksentralan, Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBPR) dan Sistem Pembayaran Nontunai.

Menurutnya, melalui kegiatan ini, Bank Indonesia (BI) ingin mendorong dunia pendidikan mulai dari jenjang SD hingga Perguruan Tinggi berbasis digital dengan mengadopsi sistem pembayaran nontunai dan menginformasikan peran serta tugas BI yang relevan dengan perekonomian daerah dan daya saing SDM.

"Dunia pendidikan yang saat ini masih menggunakan sistem pembayaran tunai ke depan diharapkan bisa mengadopsi pembayaran nontunai sehingga anak didiknya akan terbiasa dengan pembayaran platform digital," kata Taufik.

Taufik menjelaskan, Capacity Building dengan menggandeng para pendidik ini sekaligus sebagai wujud kontribusi nyata Bank Indonesia untuk mencapai visinya dalam peningkatan penerimaan masyarakat terhadap kanal pembayaran digital.

"Pasalnya, di era globalisasi saat ini, platform digital merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan daya saing SDM yang ada di Indonesia. Di setiap level, ada kegiatan yang bersinggungan dengan digital. Pendidikan berbasis digital ini sebenarnya kami sudah mulai sejak adanya arahan Presiden Jokowi Tahun 2020, di mana seluruh daerah mengadopsi platform digital untuk transaksi di seluruh lingkup pemerintahan, termasuk ditindaklanjuti di seluruh institusi pendidikan di masing-masing pemerintah daerah," pungkasnya. (HHM)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
02:07
01:01
01:24
06:03
00:58
Viral