Petani di Blora menanam kacang hijau, Senin (21/8/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Agung Wibowo

Dampak Kemarau, Petani di Blora Beralih Tanam Kacang Hijau di Lahan Bekas Sawah

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:52 WIB

Blora, tvOnenews.com - Sejumlah petani di Kabupaten Blora memilih menanam kacang hijau saat musim kemarau seperti saat ini. Selain perawatan yang terbilang mudah, tanaman kacang hijau tidak membutuhkan air banyak dan dapat dipanen lebih dari satu kali.

Wadi (64), salah satu petani di Desa Karangtalun, Kecamatan Banjarejo, Blora Jawa Tengah mengatakan, dimusim kemarau dirinya memilih menanam kacang hijau karena biaya dan perawatannya sangat ringan dan mudah. 

"Nanam kacang hijau di musim kemarau lebih mudah lebih ringan biayanya," ujar Wadi saat di temui disawahnya saat memanen kajang hijau, Senin (21/8/2023). 

Wadi menjelaskan, sejak masa tanam hingga panen tiba, petani hanya menunggu waktu selama dua bulan dengan rutin menyemprot obat buah dan obat daun. 

"mulai dari tanam hingga panen itu butuh waktu dua bulan lebih dikit sampai masuk tiga bulan," Jelas dia. 

Kacang hijau ini merupakan salah satu komoditas strategis yang dapat ditanam di lahan sawah kering saat musim kemarau. Di Desa Karangtalun sendiri, sebagian besar petani saat ini tengah membudidayakan tanaman kacang hijau. 

Untuk saat ini satu kilogram kacang hijau dengan harga kisaran  Rp 14 ribu. Petani mengaku perawataannya juga sangat mudah hanya dengan melakukan pengendalian organisme penganggu tanaman secara rutin dan memberikan pengobatan pupuk seminggu sekali.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
14:22
10:10
05:38
05:41
08:35
02:22
Viral