Aneka sayuran dan tanaman obat di pekarangan milik Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Soko, Kecamatan Gabus, Pati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Cara Kelompok Wanita Tani di Pati Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanaman Obat dan Sayuran

Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:58 WIB

Pati, tvOnenews.com – Manfaatkan pekarangan di sekitar rumah, anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Puspa Indah, Desa Soko, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menanam berbagai jenis sayuran dan tanaman obat.

Sayuran yang ditanam oleh anggota KWT Desa Soko di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tersebut berupa cabai, terong, tomat, sawi dan berbagai sayuran lainnya. Selain untuk dikonsumsi sendiri, sayuran mereka juga untuk menambah uang dapur bagi warga di sekitar.

Tak hanya menggunakan polybag tanaman, warga juga memanfaatkan berbagai barang bekas, seperti ban, botol air mineral, plastik pembungkus minyak goreng, cup air mineral, dan berbagai barang bekas lainnya untuk ditanami aneka sayuran. Sejumlah sayuran ditanam di rak tanaman dari bambu untuk efesiensi dan menghemat lahan.

Pengurus Kelompok Wanita Tani (KWT) Puspa Indah, Endang Kusriningsih, mengungkapkan anggotanya mayoritas sudah memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah.

Tidak hanya tanaman pangan dan obat obatan, warga juga memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan membudidayakan perikanan maupun peternakan.

“Kami mengembangkan berbagai macam tanaman sayuran, terus obat obatan, peternakan ada perikanan juga. Dari semua itu agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga kami, selebihnya untuk dibagikan ke tetangga,” ujar Endang Kusriningsih, Rabu (23/8/2023).

“Untuk nambah gizi keluarga dimanfaatkan untuk dibuat sayur. Peternakan kami ada ayam, mentok, kambing dan perikanan di damber (dalam ember) untuk lele,” lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral