Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu melepas rombongan menikmati perjalanan napak tilas, Kamis (24/8/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Napak Tilas Perjalanan Kereta Api Pertama dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Kedungjati Grobogan

Kamis, 24 Agustus 2023 - 22:19 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Peserta Rakernas X Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) melakukan Heritage tour napak tilas perjalanan kereta api pertama dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng hingga ke Stasiun Kedungjati di Kabupaten Grobogan. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu melepas rombongan untuk menikmati perjalanan napak tilas pada Kamis (24/8/2023) di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Ita, sapaan akrabnya, mengatakan melalui heritage tour ini diharapkan bisa mengangkat kembali dan mengenang sejarah jalur kereta api tertua di Indonesia.

Kegiatan yang menjadi salah satu rangkaian acara Rakernas X JKPI ini juga didukung oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia) ini ingin menghidupkan kembali sejarah perkeretaapian di Indonesia lewat rute wisata heritage.

“Heritage tour ini bisa menjadi daya tarik baru pariwisata di Kota Semarang,” kata Ita.

Apalagi jalur ini merupakan jalur kereta api yang menjadi penghubung dua wilayah antara Kota Semarang dengan Kabupaten Grobogan. Ia berharap jalur kereta api Stasiun Tawang – Stasiun Kedungjati nantinya dapat menjadi salah satu rute wisata heritage antar kedua daerah. 

“Hari ini kepala daerah anggota JKPI bersama presidium dan rekan-rekan OPD Kota Semarang, naik kereta wisata dari Stasiun Tawang menuju Stasiun Kedungjati. Di mana ini jalur bersejarah, karena menjadi jalur kereta api pertama di Indonesia. Diharapkan ini jadi salah satu momentum untuk melihat perjalanan wisata Heritage, juga nantinya bisa jadi satu lagi rute heritage kereta api antara Kota Semarang dan Kabupaten Grobogan,” paparnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral