Tradisi Tenongan digelar warga Desa Adiwarno, Kecamatan Buayan jelang musim tanam padi tiba, Sabtu (2/9/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Wujud Rasa Syukur, Warga Adiwarno Kebumen Gelar Tradisi Tenongan, Sambut Musim Tanam Padi

Sabtu, 2 September 2023 - 07:22 WIB

Kebumen, tvOnenews.com- Warga Desa Adiwarno, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, memiliki tradisi unik menyambut musim tanam padi tiba.

Tradisi Tenongan dalam ruat Merti Desa atau sedekah bumi ini sudah dilakukan secara turun temurun dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

"Tenongan ini rutin dilakukan setiap tahun dan waktunya gak bisa dirubah, masuk mongso ke lima hari Jumat Kliwon karena sudut pandang warga Jumat Kliwon merupakan hari yang sakral," jelas Kepala Desa Adiwarno Wawan Rajiko kepada wartawan usai acara, Jumat (1/9/2023).

Tenong yang pada jaman dahulu menjadi tanda persembahan untuk penguasa, kini menjadi bentuk syukur warga desa jelang musim tanam padi yang dikemas sebuah kegiatan merti desa.

"Setiap kepala keluarga dengan sukarela membawa satu tenong, sebagai rasa wujud syukur warga setiap menjelang musim tanam padi tiba," lanjut kades.

Tenongan ini sendiri menurut kades adalah merupakan sebuah ajaran budaya untuk dapat merukunkan masyarakat. Sehingga untuk membangun budaya yang ada agar gotong royong ini tetap menjadi satu budaya di masyarakat. 

Sedikitnya ada 425 tenong yang dibawa oleh warga menuju Kantor Balai Desa Adiwarno, Kecamatan Buayan. Acara yang sudah turun temurun dilakukan ini dalam setiap tahun jumlahnya terus meningkat dari jumlah 552 KK. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
04:27
01:33
02:33
01:15
01:45
Viral