Warga mencari ikan di Embung Seloparang, Senin (4/9/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Embung Seloparang Blora Mengering Akibat Kemarau Panjang, Dimanfaatkan Warga Mencari Ikan

Senin, 4 September 2023 - 12:12 WIB

Blora, tvOnenews.com - Mengeringnya air di Embung Seloparang Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, akibat kemarau berkepanjangan, dimanfaatkan warga untuk mencari ikan, Senin (4/9/2023). 

Mengeringnya air embung tersebut mulai terjadi sejak tiga bulan lalu akibat kemarau panjang yang terjadi saat ini. 

Wargapun memanfaatkan mengeringnya air embung tersebut untuk mencari  ikan di sisa - sisa air yang masih ada dengan membawa alat tangkap seadanya, seperti jaring dan juga tanpa alat. 

Meski keringnya embung berdampak pada lahan pertanian yang ada di Desa Tempellemahbang, namun disisi lain hal itu terasa menguntungkan sebagian warga yang antusias mencari ikan air tawar. 

"Sudah sekitar tiga bulan embung kering seperti ini, dulu kering tapi tidak separah ini. Saya sudah dua hari cari ikan di sini (embung). Lumayan ikannya, ada ikan gabus, kutuk, udang dan belut,"  Terang Amin saat mencari ikan bersama temannya, Senin (4/9/2023). 

Keringnya air embung hingga membuat keberadaan ikan tak sulit untuk ditangkap warga. Ikan hasil tangkapan warga, sebagian besar dugunakan untuk kebutuhan konsumsi keluarga. 

Dengan alat jaring seadanya, warga menyisiri tanah dasar embung hingga kolom air yang dangkal di pinggiran embung. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral