Bangkai hiu tutul yang terdampar menjadi tontonan warga, Jumat (8/9/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Hiu Tutul Sepanjang 7 Meter dengan Berat 2 Ton Terdampar di Pantai Selatan Purworejo

Jumat, 8 September 2023 - 10:41 WIB

Purworejo, tvOnenews.com - Seekor hiu tutul panjang mencapai 7 meter dengan bobot kurang lebih 2 hingga 3 ton, ditemukan mati setelah terdampar di pesisir pantai selatan Purworejo, Jawa Tengah, tepatnya pantai Roro Inten, Desa Pagak pada Jumat pagi (8/9/2023).

Hiu yang diduga berjenis kelamin jantan ini pertama kali ditemukan oleh Wardoyo, seorang nelayan yang hendak menarik jaring ikannya yang telah di tabur dipantai tersebut, Kamis (7/9/2023). Saat menarik jaring ternyata hiu tutul tersebut tersangkut jaring nelayan.

"Jaring saya ulur hingga abis tambang dua gulung, lepas itu jaring saya mendarat di belakangnya hiu tersebut ikut. Tapi dari sana (tengah) sudah lepas ikan itu, masih hidup lah." kata Wardoyo.

Para nelayan menurut Wardoyo sudah berusaha membantu hiu tersebut kembali ke tengah lautan, tetapi upaya mereka gagal karena diduga kondisi hiu ini sudah lemas dan tidak kuat lagi kembali ke laut lepas.

"Sudah dibantu untuk ke tengah tidak mau, karena diduga tubuh hiu ini mungkin sudah lemas karena kena benturan ombak berulang-ulang" jelas Wardoyo.

"Semalam saat evakuasi untuk membantu hiu ini ada 20 sampai 25 warga nelayan yang ikut membantu, tetapi tidak kuat untuk menariknya, mungkin pagi hari ini dengan petugas dan pemerintah akan ditarik dan dikubur" lanjutnya.

Pada sekujur tubuh hiu tersebut tak ditemukan adanya tanda-tanda luka luar, meskipun ada darah yang keluar dari mulut dan insang, jenis hiu ini menurut nelayan termasuk jenis hiu pemakan planton.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral