Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid mengecek inovasi model 4in1 untuk mencegah penumpukan sampah di lingkungan sekaligus menambah pendapatan keluarga di Pekalongan, Rabu (6/9/2023). (ANTARA).
Sumber :
  • Antara

Cegah Penumpukan Sampah, Pemkot Pekalongan Kenalkan Konsep 4in1

Jumat, 8 September 2023 - 14:42 WIB

Pekalongan, tvOnenews.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengenalkan inovasi model 4in1 pada masyarakat sebagai upaya mencegah terjadinya penumpukan sampah organik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan Joko Purnomo, mengatakan model 4in1 ini bisa dengan mudah diimplementasikan oleh masyarakat.

Model tersebut juga relatif tidak membutuhkan banyak biaya karena bisa memanfaatkan sampah anorganik seperti botol plastik bekas.

"Konsep 4in1 tingkat keluarga sangat mudah, seperti percontohan yang seperti kami buat dengan memodifikasi menggunakan barang atau sampah bekas," katanya, Jumat (8/9/2023).

Ia yang didampingi Sekretaris Puji Winarti mengatakan pada intinya model 4in1 ini berupa empat susunan kerangka sirkulasi pengelolaan sampah yang kompleks.

Adapun susunan pertama (bagian bawah) untuk budi daya ikan lele, dan kedua untuk penguraian sampah organik oleh budi daya maggot.

Kemudian, susunan ketiga untuk budi daya ayam, dan susunan keempat (bagian atas) untuk budi daya hidroponik seperti tanaman caisim, pakcoy, kangkung, dan cabai.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral