Petani di Desa Ngurenrejo, Wedarijaksa, Pati, merawat tanaman bawang merah, Jumat (8/9/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Dampak Kemarau Harga Bawang Merah Anjlok, Petani di Pati Merana

Jumat, 8 September 2023 - 20:19 WIB

Pati, tvOnenews.comPetani bawang merah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, saat ini merana dengan anjloknya harga bawang merah. Jika sebelumya harga bawang merah per kilogram adalah Rp 16 ribu, kini harganya anjlok 40% per kilogram. 

Petani di sentra bawang merah Desa Ngurenrejo, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terimbas anjloknya harga bawang merah di pasaran.

Jika pada bulan Juni lalu harga bawang merah ukuran sedang bisa di atas Rp 16 ribu per kilogram, sekarang hanya laku Rp 10 ribu per kilogramnya.

Salah seorang petani bawang merah di Desa Ngurenrejo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, Karyanto mengungkapkan, anjloknya harga bawang merah ini membuat petani merugi banyak. Karena harga jual tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

“Harga bawang merah saat ini ya nggak bagus bagi petani karena harga dari petani itu Rp 10 ribu – Rp 11 ribu per kilogram. Harusnya harganya itu Rp 20 ribu atau Rp 19 ribu biar menjangkau semua kalangan,” kata Karyanto, Jumat (8/9/2023).

Apalagi, lanjut Karyanto harga pupuk non subsidi, obat-obatan, bibit dan tenaga kerja terus mengalami kenaikan.

“Di musim kemarau saat ini ya hasilnya kurang memuaskan, karena banyak terserang hama. Selain kendala hama, juga kendala sulit air. Pupuk mahal karena yang pupuk subsidi itu kurang baik untuk bawang merah, jadi harus beli pupuk non subsidi untuk memupuk,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral