Wali Kota Semarang bersama PDAM mengecek ketersediaan air di Reservoir PDAM Kota Semarang, Jumat (8/9/2023) sore..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Wali Kota Semarang Pastikan Persediaan Air Bersih di Kota Semarang Cukup sampai Bulan Desember

Sabtu, 9 September 2023 - 11:55 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebut persediaan air bersih di Kota Semarang selama musim kemarau bisa mencukupi hingga bulan Desember 2023.

Ita, sapaan akrabnya, mengaku jika sidak dilakukan untuk mengetahui ketersediaan air bersih selama musim kemarau ini.

Hal ini disampaikannya usai inspeksi mendadak (sidak) di Reservoir PDAM Kota Semarang pada Jumat (8/9/2023) sore.

“Kalau laporan dari PDAM ini bisa mencukupi sampai Desember,” ucap Ita.

Namun untuk wilayah Kudu kemungkinan akan berkurang 5 hingga 10 persen. Pasalnya, untuk mendapatkan pasokan air, sumber air baku dari Kedungombo harus dipompa.

"Selama ini stok air di Kudu ini untuk menyuplai wilayah Rowosari, Meteseh, Jabungan dan sekitarnya," bebernya.

Dampak El Nino yang diprediksi hingga bulan Desember, maka Ita meminta PDAM tetap bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Ia ingin agar masyarakat tidak kekurangan air bersih.

"Untuk itu, saya minta karena teman-teman memastikan cadangan air sampai Desember seperti apa. Saya tidak mau bicara sampai hanya bulan ini," ungkapnya.

Ita menyampaikan meskipun saat ini di wilayah Jabungan sekitarnya seringkali mengalami kekurangan air bersih, namun ia memastikan persoalan air bersih akan teratasi dengan baik.

Ada enam program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) yang dibangun dari bantuan Kementerian PUPR di antaranya di Wonoplumbon. Rowosari, Jabungan, dan Gondoriyo.

"Rencananya kan awal September ini, pamsimas tersebut sudah bisa operasi. Harapannya dengan keberadaan pamsimas bisa membantu warga yang membutuhkan air bersih," tandasnya. (Dcz/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral