Suasana Karnaval Hari Jadi ke-474 Kabupaten Kudus, Minggu malam (10/9/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Karnaval Budaya di Kabupaten Kudus Tampilkan Pesona Budaya Lokal

Senin, 11 September 2023 - 11:41 WIB

Kudus, tvOnenews.com - Nilai seni dan budaya lokal di Kabupaten Kudus diusung menjadi kemasan pertunjukan pada Festival Karnaval Budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 474 Kabupaten Kudus, Minggu (10/9) malam.

Berbagai budaya khas Kabupaten Kudus ditampilkan dengan apik oleh peserta Festival Karnaval Budaya tersebut, mulai dari sejarah Bulusan, Dandangan, Gusjigang, dan lain-lain. 

"Festival Karnaval Budaya bisa menjadi ajang untuk mengenalkan kembali budaya lokal kepada generasi muda," kata Bupati Kudus Hartopo, saat membuka karnaval di panggung depan air mancur Pendapa Kabupaten Kudus, Minggu (10/9/2023) malam.

Melalui festival ini, diharapkan masyarakat bisa mengenal lebih jauh kearifan lokal Kabupaten Kudus. Selanjutnya, gotong royong dibutuhkan agar tradisi tetap terjaga sampai generasi selanjutnya.

"Masyarakat harus kompak menggali budaya yang masih terpendam. Lalu merawat tradisi warisan nenek moyang," tuturnya.

Terdapat 25 kontingen yang mengikuti festival. Terdiri dari kontingen sembilan kecamatan dan 16 sekolah. Kontingen sekolah menampilkan Bordir dan Gadis Pingitan, Pesona Pengantin Kudusan, Gendhis Mirah, Dandangan, Gusjigang, dan Bulusan.

Tradisi lainnya yang juga ditampilkan antara lain Mitos Candikala, Pesona Muria, Gebyok Kudus, Pande, Situs Patiayam, Legenda Lentog, Jejak Menara Kudus, Tradisi Wiwit Kopi Muria, dan Rampak Tongtek Kumandang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:02
00:50
01:30
00:44
18:55
Viral