Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.
Sumber :
  • Tim tvOne - Effendi Rois

Kebakaran di Kawasan Bromo, Menparekraf Sandiaga Uno: Semua Taman Nasional Harus Melakukan Kajian

Kamis, 14 September 2023 - 22:44 WIB

Solo, tvOnenews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno meminta semua taman nasional untuk melakukan evaluasi dan kajian agar mengutamakan aspek keselamatan. 

Pasca kebakaran terjadi di kawasan Gunung Bromo, akibat percikan api flare yang dibawa oleh pasangan calon pengantin yang berfoto disana.

"Kita harus lakukan evaluasi secara menyeluruh agar pariwisata berbasis alam ini. Ekosistemnya sudah mengacu kepada aspek sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability)," ujarnya usai ditemui di Gedung Kebudayaan Karanganyar, Kamis, (14/09). 

Sandiaga menyayangkan kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Bromo, karena dampaknya sangat negatif. Menurutnya hotel disekitar kawasan Bromo sekarang tingkat occupancynya dibawah 50%. Dimana biasanya diatas 50%, akibat kebakaran ini.

"Jadi semua taman nasional harus melakukan kajian agar aspek keselamatan itu diutamakan. Saya harap semua pihak ikut mendukung pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk sustainable tourism," imbuhnya. 

Sandiaga mengatakan bahwa saat ini sedang dihitung seberapa besar tingkat kerugiannya. Namun yang dapat dipastikan adalah tingkat hunian hotel sekarang drop, persentasenya diangka 20%. Hampir 80% dari total tingkat hunian biasanya diatas 100%. 

Untuk pelaku sendiri, Sandiaga menyebut sudah diproses secara hukum. Namun dirinya berpesan agar ada pembelajaran dan juga pembinaan. Agar ada efek jera jika kejadian ini berulang. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral