Ratusan warga Lereng Gunung Muria gelar doa bersama meminta hujan dalam tradisi Guyang Cekathak, Jumat (15/9/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Kemarau Panjang, Warga Lereng Gunung Muria Gelar Doa Meminta Hujan dalam Tradisi Guyang Cekathak

Jumat, 15 September 2023 - 19:58 WIB

Kudus, tvOnenews.com - Ratusan warga Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menggelar tradisi Guyang Cekathak, yakni tradisi mencuci pelana kuda peninggalan Sunan Muria, Jumat (15/9/2023).

Dalam tradisi yang digelar di lokasi sumber mata air Sendang Rejoso tersebut warga juga mengadakan selamatan sebagai wujud pelestarian sumber air sekaligus berdoa bersama kepada tuhan agar segera didatangkan hujan disaat kemarau panjang yang tengah melanda.

Prosesi acara Guyang Cekathak diawali dari area makam Sunan Muria. Ratusan warga sambil melantunkan sholawat berjalan kaki menuju ke sendang Rejoso yang jaraknya sekitar 500 meter dari komplek Makam Sunan Muria.

Diantara peserta, salah seorang juru kunci Makam Sunan Muria membawa pelana kuda peninggalan sunan muria yang berusia ratusan tahun untuk dicuci di sendang tersebut, dimana terdapat mata air dari lereng gunung Muria yang terus mengalir meskipun kemarau panjang melanda.

Sesampainya di lokasi sendang, ratusan warga kemudian menggelar tradisi selamatan dengan membersihkan lingkungan sekitar sendang dan selanjutnya makan bersama. Warga kemudian berdoa bersama dipimpin oleh tokoh desa setempat.

Warga bersyukur atas anugerah Tuhan dengan adanya mata air di sendang Rejoso yang hingga kini mampu menjadi sumber mata air andalan warga Desa Colo, meski debitnya berkurang akibat kemarau panjang saat ini. Selain itu, warga juga berdoa kepada Tuhan agar segera didatangkan hujan.

“Tradisi Guyang Cekathak rutin digelar setiap tahunnya sebagai doa keselamatan serta rasa syukur kepada Tuhan, sekaligus sebagai wujud upaya pelestarian mata air sendang Rejoso yang sumber airnya menjadi andalan warga setempat untuk kebutuhan sehari hari." jelas Mastur, Ketua Dewan pembina Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria saat ditemui di lokasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral