Penyaluran bantuan air bersih dari Komunitas Batik Pati di Desa Tlogomojo, Senin (2/10/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Hari Batik Nasional, Komunitas Batik Pati Salurkan Bantuan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan

Senin, 2 Oktober 2023 - 17:12 WIB

Pati, tvOnenews.com - Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Batik Nasional. Di Pati, Jawa Tengah, sejumlah perajin batik memperingati hari batik dengan menyalurkan bantuan air bersih ke warga yang terdampak kekeringan.

Ada pemandangan berbeda saat warga Desa Tlogomojo, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menanti bantuan air bersih datang di desanya. Di tengah warga, tampak beberapa orang mengenakan pakaian serba batik, seperti sarung, baju dan ikat kepala atau udeng.

Mereka adalah para perajin batik di Kabupaten Pati yang tergabung dalam Komunitas Batik Pati, yang memilih melakukan peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023 di lokasi desa terdampak kekeringan. 

Peringatan hari batik tahun ini dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan dan keprihatinan, karena adanya bencana kekeringan yang dialami puluhan desa di Kabupaten Pati.

Untuk meringankan beban warga terdampak kekeringan, Komunitas Batik Pati pun berempati dan peduli pada warga yang membutuhkan air bersih dengan menyalurkan dua tangki air bersih kapasitas 9.000 liter per tangki.

Bantuan air bersih tersebut disambut gembira warga Desa Tlogomojo, Kecamatan Batangan, Pati.

Menurut salah seorang warga, Suwadi, kekeringan di desanya sudah terjadi satu selama satu bulan. Sumber air dan sumur sumur warga yang mulai mengering, membuat warga kini mengandalkan bantuan air bersih untuk kebutuhan sehari hari.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
01:19
00:55
25:37
01:06
01:48
Viral