Warga tengah membersihkan rawa bendungan..
Sumber :
  • tim tvOne - Ian Sutrisna

Puluhan Tahun Tak Pernah Dibersihkan, Rawa Bendungan Menjadi Lautan Eceng Gondok

Minggu, 8 Oktober 2023 - 18:06 WIB

Cilacap, tvOnenews.com - Selama 30 tahun lebih tidak dibersihkan,  Rawa Bendungan di Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah dipenuhi tanaman eceng gondok.Rawa Bendungan yang memiliki luas 90 hektar lebih tersebut, sekitar 80 persennya tertutup tanaman eceng gondok.

Sebanyak 1500 warga dibantu oleh beberapa elemen masyarakat seperti anak sekolah, petugas dari instansi terkait, dan relawan membersihkan Rawa Bendungan dari tanaman eceng gondok serta sampah lainnya.

“Kita memiliki potensi Rawa Bendungan yang menyuplai air di Kabupaten Cilacap, di 3 kecamatan. Banyaknya gulma (eceng gondok) akan mengganggu ekosistem”  ujar Yunita Dyah Suminar, Pj. Bupati Kabupaten Cilacap, Minggu (08/10/2023).

Menurut warga, Rawa Bendungan ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi mereka, terutama para petani. Rawa Bendungan ini merupakan sumber air bagi warga untuk mengairi lahan pertanian mereka.

Rawa Bendungan ini juga sudah mengalami pendangkalan. Oleh karena itu, warga berharap, agat pemerintah pusat memberikan perhatian khusus untuk melakukan normalisasi bendungan.

“Sekitar 100 lebih yang ikut membersihkan bandungan ini, sudah puluhan tahun rawa bendungan tidak pernah dibersihkan,” ujar Darimun, Ketua Kelompok Masyarakat Peduli Rawa Bendungan. (isa/ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral