Dua orang warga Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota, Kab.upaten Pati, Jawa Tengah, melakukan eksperimen goreng telur dibawah terik sinar matahari..
Sumber :
  • tim tvOne - Abdul Rohim

Cuaca Panas Ekstrim, Warga Pati Goreng Telur Menggunakan Panas Matahari

Minggu, 8 Oktober 2023 - 21:53 WIB

Pati, tvOnenews.com – Cuaca panas ekstrim yang terjadi di Indonesia beberapa waktu terakhir dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah untuk melakukan eksperimen, yakni memasak makanan dengan bantuan terik matahari

Di antaranya adalah Mutia Parasty dan Galuh Sekar Kinanthi, warga Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tanpa kompor dan api tungku, pada pukul 12 siang, mereka memanfaatkan terik matahari untuk menggoreng telur di wajan yang diolesi margarin dan diletakkan di halaman rumah.

Mutia Parasty menuturkan bahwa mereka melakukan eksperimen menggoreng telur dengan memanfaatkan terik sinar matahari untuk membuktikan seberapa panas paparan matahari di wilayah Pati.

“Kemarin, sempat lihat konten konten di sosmed masak telur di bawah sinar matahari. Nah, kita tadi iseng-iseng coba ternyata bisa untuk goreng telur. Tapi ya itu butuh waktu lama untuk memanaskan penggorengan,” ujar Mutia Parasty, Minggu (8/9/2023).

Meskipun harus memanaskan wajan penggorengan dibawah terik sinar matahari dalam waktu cukup lama, yaitu 1,5 jam, namun terbukti telur dapat matang.

“Prosesnya ya seperti goreng telur biasa. Wajan diolesi margarin terus dipanaskan di bawah panas terik matahari yang tadi saya lihat di handphone itu (suhunya) 40 derajat celsius. Tadi ya sempat nunggu lama hampir 1,5 jam dan akhirnya telurnya matang, bisa dimakan meskipun tidak semaksimal seperti menggoreng menggunakan kompor,” pungkasnya.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu panas ini diperkirakan masih akan terjadi hingga akhir Oktober.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral