Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama warga di sekitar Kelurahan Jatibarang melaksanakan Salat Istisqa di Lapangan Kedungpane Mijen, Rabu (11/10/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Wali Kota Semarang dan Warga Salat Istisqa, Mohon Turun Hujan untuk Padamkan Kebakaran TPA Jatibarang

Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:45 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama masyarakat muslim di sekitar Kelurahan Jatibarang melaksanakan salat Istisqa Rabu (11/10/2023) pagi, memohon kepada Allah agar Kota Semarang diberi keberkahan turun hujan. Hal ini sebagai upaya untuk mempercepat proses pemadaman kebakaran TPA Jatibarang, dan juga mengakhiri kemarau panjang yang terjadi di Kota Semarang.

Kegiatan Salat Istisqa dilaksanakan di Lapangan Kedungpane Mijen dan diikuti oleh jajaran OPD, Lurah-Camat serta para pelajar. Sedangkan pelaksanaan ibadah dipimpin langsung oleh Ketua MUI Kota Semarang, KH Moh Erfan Soebahar.

Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap, dengan doa dan keyakinan masyarakat, Ibu Kota Jawa Tengah ini bisa segera diberi bekah hujan. Khususnya di wilayah yang banyak memiliki lahan kosong dan berpotensi menimbulkan kebakaran seperti di daerah TPA Jatibarang Mijen.

“Tentu salah satu upaya Kota Semarang khususnya di wilayah Mijen, kami berdoa dan berikhtiar agar bisa segera diberi hujan. Dan upaya ini adalah upaya kami mengajak para kiai dan alim ulama, serta masyarakat umum, bersama kita berdoa memohan kepada Allah agar bisa segera diberi keberkahan dengan turunnya hujan,” jelasnya.

Ia mengakui jika Kota Semarang memang termasuk salah satu wilayah yang terdampak cuaca ekstrem, karena menurut BMKG lintasan matahari berada tepat di atas Kota Semarang. Lalu panas yang paling dirasakan berada di pesisir pantai Kota Semarang.

“Dan sekarang sudah mulai turun suhu udaranya dan kemarin kami monitor antara 29-36 derajat. Tapi semua wilayah pesisir Jawa banyak terkena dampak cuaca panas ini. Mudah-mudahan cepat turun suhu udaranya dan menurut berita pada November akan turun hujan, tapi ya kita harapkan dan berdoa nanti malam bisa turun hujan,” katanya.

Di sisi lain, ia mengakui jika dampak dari panas extrem membuat banyak kebakaran di lahan kosong yang ditumbuhi banyak ilalang kering. Dari 138 data kasus kebakaran dari Damkar Kota Semarang, rata-rata peristiwa kebakaran berada di lahan kering.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral