Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo menggelar salat istisqa, Kamis (12/10/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Effendi Rois

Kemarau Panjang, Ustad Abu Bakar Ba'asyir dan Santri Ponpes Ngruki Gelar Salat Istisqa Meminta Hujan

Kamis, 12 Oktober 2023 - 20:46 WIB

Sukoharjo, tvOnenews.com - Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo menggelar salat istisqa atau salat memohon hujan di lapangan Pondok Pesantren, Kamis (12/10/2023) siang.

Salat diikuti sebanyak 1.300 santri dari kelas 1 SMP hingga kelas 3 SMA. Kemudian diikuti pula ustad dan ustadzah sebanyak 200 orang. Direktur Pondok Pesantren Ngruki, Ustad Yahya Abdurrahman bertindak selaku imam. Turut serta pula Abu Bakar Baasyir yang salat tepat di belakang Imam. 

"Ini salat istisqa, supaya turun hujan, tuntunan nabi gitu. Mudah-mudahan salat kita diterima oleh Allah sehingga akan diturunkan hujan. Sehingga kesulitan ini bisa diatasi dengan baik," ungkap Abu Bakar Baasyir ditemui selepas salat. 

Abu Bakar Baasyir kemudian meminta pada pemerintah untuk memperbaiki akhlak-akhlak para rakyat yang memiliki perbuatan sangat keji.

"Ini semacam panas yang lama jadi kita mohon ampun. Kemudian pemerintah harus segera menghentikan berbagai perbuatan maksiat yang dilaksanakan oleh rakyat baik korupsi maupun zina," tandasnya. 

Sementara itu kasi humas Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono menambahkan suhu panas yang berkepanjangan. Sedikit banyak juga mengganggu kegiatan belajar mengajar.

"Karena cuaca sangat panas, berkurangnya sumber air di daerah Sukoharjo, Boyolali dan Gunung Kidul. Serta beberapa tempat yang terjadi kebakaran juga membuat kita prihatin," pungkasnya. (ers/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral