Anggota Polsek Bandungan menyisir lokasi kebakaran hutan di Lereng Gunung Ungaran, Jumat (13/10/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Petugas Gabungan Sisir Lokasi Kebakaran Lereng Gunung Ungaran di Kab.Semarang

Jumat, 13 Oktober 2023 - 21:18 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kebakaran hutan terjadi lereng Gunung Ungaran di atas Desa Candi dan atau Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (12/10/2023) petang kemarin.

Petugas yang melakukan pemeriksaan di lokasi kebakaran menduga kebakaran ini terjadi akibat gesekan antara ranting pohon maupun rumput ditambah suhu yang panas akibat kemarau menjadi pemicu adanya percikan api.

Guna mencegah munculnya titik api, petugas gabungan dari Polres Semarang (Polsek Bandungan), Damkar, TNI dan Relawan bersama sama menyisir lokasi kebakaran dan memastikan tidak ada titik api yang bisa kembali menyebabkan kebakaran.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Anang Sukoco mengatakan, lokasi kebakaran yang letaknya tiga hingga empat kilometer dari pemukiman tersebut bukan lahan produktif. Melihat dari medannya yang sulit dilalui membuat tim Damkar menduga penyebabnya bukan ulah manusia. 

" Laporan masuk kemarin sekitar jam 17.00 wib. Dilihat dari medannya yang curam dan dikelilingi jurang memang dimungkinkan penyebab kebakaran bukan akibat kelalaian atau ada unsur kesengajaan dari manusia. Dugaan kami karena cuaca panas gesekan antar ranting pohon timbul asap dan api," terang Anang Sukoco.

Untuk pemadaman kebakaran petugas gabungan melakukan pemadaman secara manual, karena motor dan mobil pemadam milik damkar tidak bisa mrnjangkau lokasi kebakaran.

Dua regu tim yang dikirim memanfaatkan ranting-ranting yang ada disekiar untuk membantu memadamkan api. Butuh waktu lima jam. Meski api sudah padam, tim Damkar pun tetap berjaga diperbatasan lereng Gunung Ungaran dengan pemukiman warga. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral