kereta api.
Sumber :
  • Tim tvOne/Teguh

KA Argo Semeru Anjlok, Ada 38 Kereta Api Memutar Lewat Jalur Utara

Rabu, 18 Oktober 2023 - 02:47 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Jumlah perjalanan kereta api yang terdampak insiden anjloknya KA Argo Semeru di Kulonprogo bertambah. Jika sebelumnya ada 9 perjalanan yang terdampak, kini bertambah menjadi 38 perjalanan kereta api yang harus memutar melalui lintas utara atau via wilayah Daop 4 Semarang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, Selasa (17/10/2023) menyampaikan bahwa pengalihan rute perjalanan KA tersebut dilakukan KAI untuk merekayasa pola operasi dalam meminimalisir dampak keterlambatan pada KA-KA dengan memutar yang seharusnya melawati jalur selatan lintas Yogyakarta - Solo.

Seperti diketahui, anjloknya KA relasi Surabaya Gubeng - Gambir tersebut juga membuat KA 6 Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng tak bisa menghindar dan menyerempet KA Argo Semeru di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates Kabupaten Kulon Progo DIY.

Kronologi peristiwa ini yaitu KA Argo Semeru dengan nomor registrasi KA 17 relasi Surabaya Gubeng – Gambir mengalami anjlokan di petak lintas antara Stasiun Sentolo - Wates KM 520+4 pada Selasa (17/10) pukul 13:15 WIB.

Selang beberapa saat kemudian, rangkaian KA 6 Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng datang dari arah barat dan menemper rangkaian KA Argo Semeru. Akibat hal tersebut, petak jalan lintas tempat kejadian tidak dapat dilalui di kedua arah.

“KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. KAI bersama pihak-pihak terkait terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar,” tutup Franoto.

Berikut data 38 KA yang memutar melewati jalur lintas utara melintasi wilayah Daop 4 Semarang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral