Kebakaran lahan di perkebunan PTPN IX di Desa Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati, Jawa Tengah, Jumat (20/10/2023) malam..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Lahan Perkebunan PTPN IX di Pati Terbakar, 5 Hektare Tanaman Serai dan Jeruk Ludes Terbakar

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:03 WIB

Pati, tvOnenews.com - Lahan perkebunan milik PTPN IX Jolong 2 di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terbakar, Jumat (20/10/2023) malam.

Api berkobar tak terkendali di Blok Jati F6 dan di Blok Jati Kemadoh di lahan milik PTPN IX tersebut menghanguskan 5 hektare lahan perkebunan.

Hembusan angin yang kencang menyebabkan api dengan cepat menjalar menghanguskan seluruh tanaman di lokasi lahan perkebunan.

Warga dibantu petugas memadamkan api secara manual dengan alat seadanya karena akses jalan menuju lokasi titik api, tidak bisa dilewati mobil pemadam kebakaran.

“Awal kebakaran nggak ada yang tahu, api sudah menyala baru warga tahu. Kami dari pihak kebun dikasih informasi terus bersama warga kami kerja serentak memadamkan api,” ujar salah seorang pekerja perkebuan PTPN IX Jolong 2, Purwadi.

“Padamkan apinya secara manual pakai semprot nggak pakai mesin karena akses jalan nggak bisa dilewati mobil damkar. Tapi Alhamdulillah api bisa diatasi. Ada 2 titik yang terbakar, yakni di kebun jeruk selatan Desa Boro, satu titik lagi di sebelah barat desa,” lanjutnya. 

Setelah warga bersama petugas berjibaku memadamkan api selama 2 jam, api akhirnya berhasil di padamkan. Akibat kebakaran ini, lima hektare tanaman serai dan jeruk hangus terbakar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral