Ketua DPC FSI (Forum Santri Indonesia) Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi, Sabtu (28/10/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne/Wawan Kurniawan

Program Dana Abadi Pesantren Disambut Sumringah Santri di Kebumen, Ketua FSI : Pendidikan di Pesantren akan Maju

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 17:12 WIB

Kebumen, tvOnenews.com - Bakal calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dalam deklarasinya beberapa waktu lalu menyampaikan dana abadi pesantren. Program ini masuk dalam program utama yang diusung keduanya maju pada Pilpres 2024.

Hal tersebut tentunya disambut baik oleh kalangan santri pondok karena dengan program itu, dunia pesantren akan lebih maju dan berkembang.

Seperti pernyataan Ketua DPC FSI (Forum Santri Indonesia) Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon disela-sela kegiatannya melaksanakan ibadah umroh di tanah suci Mekkah, Sabtu (28/10/2023).

Alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ini sangat mengapresiasi dan menyambut baik program dana abadi pesantren yang disampaikan oleh putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

"Saya pribadi menyambut baik program tersebut dan secara khusus, dana abadi pesantren yang dicanangkan Gibran sebagai salah satu program unggulan juga sudah dilaksanakan melalui peraturan presiden soal pendanaan penyelenggaraan pesantren," terangnya.

Gus Fachrudin menilai program dana abadi merupakan bentuk perhatian Gibran kepada pondok pesantren dan santri. Hal itu juga sesuai mandat Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Lebih lanjut Ketua RMI NU Kebumen ini menjelaskan sebagaimana dalam Pasal 1 Perpres 82/2021, dana abadi pesantren adalah dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan dalam pengembangan pendidikan pesantren.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral