ESDM teliti kandungan lumpur bercampur gas di rumah warga Tempuran Demak..
Sumber :
  • Tim tvOne - Syamsul Arifin

ESDM Jateng Teliti Kandungan Semburan Lumpur Bercampur Gas di Rumah Warga Tempuran Demak

Senin, 4 Desember 2023 - 20:18 WIB

Demak, tvOnenews.com - Munculnya semburan lumpur bercampur gas yang menggemparkan warga Desa Tempuran, Kabupaten Demak, diteliti oleh petugas dari Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Jawa Tengah.

Petugas ESDM Jawa Tengah Cabang Dinas ESDM Wilayah Semarang Demak didampingi sejumlah anggota BPBD Demak mendatangi lokasi semburan lumpur bercampur gas di rumah  Mohammad Solli (45), warga Desa Tempuran, Kabupaten Demak.

Untuk mengetahui  kandungan gas  petugas menggunakan alat berupa detektor gas. Menurut Rifky Arya, Staf Bidang EBT Dinas ESDM Jateng, dari pengecekan di lokasi kejadian, diketahui munculnya semburan lumpur bercampur gas karena menumpuknya gas dangkal di dasar bekas sumur bur milik warga.

"Dari hasil pemeriksaan alat deteksi, diketahui terdapat 4 kandungan gas dalam semburan lumpur di rumah warga tersebut antara lain  O2, CO2, COMB-EX atau Metana dan H 2 S," kata Rifki.

Rifki menambahkan tingginya kandungan gas yang mencapai 15 persen, dapat berakibat menyebabkan kebakaran.

"Karena itu disarankan agar ruangan yang mengalami semburan lumpur agar dibiarkan tetap terbuka. Hal itu  dimaksudkan agar gas yang muncul bersama semburan lumpur mudah keluar terbawa angin," jelas Rifki 

Sementara itu pihak Kepolisian Polsek Kota Polres Demak, menghimbau agar warga tidak mendekati lokasi semburan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral