Petugas gabungan dari TNI, Polri dan Pemkab Semarang bersihkan pasar dari sampah, Jumat (8/12/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Cegah Banjir dan Penyakit, Petugas Gabungan Gelar Bersih Pasar dan Gorong-Gorong di Kab.Semarang

Jumat, 8 Desember 2023 - 21:49 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Hujan dengan intensitas sedang dan tinggi, hampir setiap hari mengguyur wilayah Kabupaten Semarang dalam satu pekan terakhir. 

Guna mencegah terjadinya bencana khususnya banjir yang diakibatkan banyaknya sampah yang berserakan, petugas gabungan dari Korem 073 Makutarama Kodim 0714/Salatiga, Polres Semarang dan Pemkab Semarang menggelar aksi bersih sampah dan gorong gorong di Pasar tradisional Babadan Kabupaten Semarang.

Komandan Kodim 0714/Salatiga yang juga membawahi wilayah Kabupaten Semarang Letkol Inf Ade Pribadi Siregar mengatakan, kegiatan bersih bersih ini menjadi salah satu program TNI AD untuk mencegah wilayah dari bencana banjir dan juga penyebaran penyakit yang bisa ditimbulkan akibat genangan air.

" Kalau boleh disebut ini adalah Jumat bersih, kegiatan bersih bersih dari kita. Dari Kodim tidak sendiri namun kita mengajak semua unsur forkompimda untuk terlibat dalam kegiatan ini," ujar Dandim 0714/Salatiga saat dijumpai di Pasar Babadan Kabupaten Semarang. Jumat (8/12/2023). 

Ditambahkan oleh Dandim 0714/Salatiga, Pencegahan banjir yang dilakukan tidak hanya membersihkan sampah di permukaan dan gorong gorong. Namun juga dilakukan penanaman pohon di wilayah wilayah tertentu.

" Untuk jangka panjangnya kita juga lakukan penanaman pohon sejumlah titik. Selain itu kita juga bangun kesadaran masyarakat agar turut serta dalam menjaga lingkungan guna mencegah terjadinya bencana, utamanya banjir," imbuhnya.

Sementara itu Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengajak semua masyarakat untuk memulai kebiasaan baik dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral