Petugas gabungan lakukan pemeriksaan armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Induk Jati Kudus..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Sambut Nataru, Petugas Gabungan di Kudus Gelar Ramp Check Armada Bus di Jalur Pantura

Rabu, 20 Desember 2023 - 11:18 WIB

Kudus, tvOnenews.com – Petugas gabungan dari Satlantas Polres Kudus, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, dan Jasa Raharja melakukan kegiatan ramp check atau pemeriksaan armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Induk Jati Kabupaten Kudus, Rabu (20/12/2023).

Kegiatan itu digelar sebagai salah satu persiapan dalam menyambut liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). 

Kasat Lantas Polres Kudus, AKP Ragil Irawan melalui KBO Satlantas, Iptu Noor Alifi, menjelaskan, kegiatan ramp check ini untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, khususnya pemudik yang akan pergi maupun datang ke Kabupaten Kudus dengan menggunakan armada bus AKAP.

Pengecekan kendaraan ini dilakukan lebih awal dari Operasi Lilin Candi 2023 karena menyesuaikan hari pertama libur sekolah. 

"Jadi hari ini bersamaan dengan hari pertama libur sekolah. Kami melakukan pengecekan surat-surat kendaraan semisal SIM dan STNK maupun kelayakan kendaraan itu sendiri. Meliputi lampu utama, rem, Apar, wiper, kotak P3K dan lampu sein apabila tidak menyala atau kurang kami suruh untuk membetulkan dulu," kata Iptu Noor Alifi, Rabu (20/12/2023).  

Iptu Alifi menambahkan, selain kegiatan ramp check, petugas juga melakukan cek kesehatan dan narkoba bagi awak bus (sopir dan kernet) bersama Si Dokkes Kudus. 

"Yang kami cek bukan hanya kelayakan kendaraan. Tetapi juga kondisi kesehatan para awak bus. Tujuannya untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengguna jalan," imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
Viral