Pemilih Difabel Gunakan Hak Suara Dalam Simulasi Pemilu 2024..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Libatkan Pemilih Difabel, KPU Salatiga Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Rabu, 27 Desember 2023 - 22:22 WIB

Salatiga, tvOnenews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga, Jawa Tengah menggelar simulasi pencoblosan surat suara pemilu 2024 dengan melibatkan 242 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Dalam simulasi ini KPU Kota Salatiga juga melibatkan pemilih difabel, untuk mengetahui kekurangan apa yang bisa ditambahkan dalam pemungutan suara serta hitungan waktu yang dibutuhkan warga dalam memberikan hak suaranya.

Kegiatan simulasi ini digelar di aula kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga dengan melibatkan daftar pemilih tetap (DPT) TPS 02 Kelurahan Randuacir, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. 

Anggota Komisioner KPU Salatiga, Dewi Retnowati mengatakan, simulasi ini sekaligus menjadi proses latihan petugas KPPS saat bertugas pada pemilu, serta simulasi tuna netra untuk mencoblos dalam pemilu.

" Dalam kesempatan ini, KPU Salatiga juga melihat bagaimana proses pemilih penyandang disabilitas dapat terpenuhi haknya. Seperti yang kita lihat untuk pemyandang disabilitas kita sediakan alat bantu baca huruf braile. Dan untuk pendamping kita juga sediakan khusus," jelasnya saat dijumpai pada Rabu (27/12/2023).

Sementara untuk pemilih lanjut usia, KPU juga menyediakan akses khusus guna memudahkan masyarakat.

" Untuk TPS kita siapkan agar mudah untuk diakses semua masyarakat termasuk pemilih difabel dan pemilih yang lanjut usia. Sedangkan untuk calon ketua KPPS kita juga kumpulkan untuk mengikuti pelatihan melalui PPK, agar memahami tupoksi dari KPPS," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral