Warga berkerumun di lokasi kejadian KA Kamandaka vs pick up di Weleri Kendal, Sabtu (30/12/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

KA Vs Mobil Pick Up di Perlintasan Tak Terjaga Kendal, Sopir Dilarikan ke Rumah Sakit

Sabtu, 30 Desember 2023 - 11:06 WIB

Kendal, tvOnenews.com - Kecelakaan di perlintasan kereta api (KA) kembali terjadi.

KA Kamandaka rute Semarang-Kroya menghantam sebuah mobil pick up di perlintasan sebidang tidak terjaga di Km 33+900 petak jalan Stasiun Kalibodri-Weleri, Kabupaten Kendal pada Sabtu 30 Desember 2023 pukul 07.05 WIB pagi. 

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo membenarkan bahwa KA 177 Kamandaka dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Tegal-Kroya bertabrakan dengan mobil pick up di lokasi tersebut. 

Pengemudi mobil pick up telah dibawa ke RSUD Kendal, tapi belum ada informasi  kondisi pengemudi tersebut. 

"Saat ini pengemudi mobil pick up dibawa ke RSUD Kendal dan selanjutnya akan ditangani oleh pihak yang berwajib," jelas Franoto," Sabtu (30/12/2023). 

Ia menambahkan, akibat kejadian tersebut, KA Kamandaka terlambat perjalanan sebanyak 10 menit. Saat ini KA Kamandaka sudah diberangkatkan kembali dari titik kejadian menuju Stasiun Tegal, dan akan ada pemeriksaan ulang di Stasiun Tegal karena ada beberapa kerusakan pada kereta kelas eksekutif. 

"KAI mengimbau agar masyarakat pengguna jalan agar mendahulukan perjalanan kereta api, hal tersebut sesuai dengan UU 23 tahun 2007 tentang Perekeretaapian pada Pasal 124 yang menyatakan pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api," jelas Franoto. 

Pihaknya terus melakukan sosialisasi keselamatan kepada masyarakat sebagai upaya preventif dalam rangka menekan angka kecelakaan.

KAI juga meminta bantuan kepada masyarakat untuk mengingatkan para pengguna jalan agar selalu waspada dan tidak melintas di perlintasan sebidang ketika KA akan lewat, karena sangat membahayakan. 

"Kami mohon kepada pihak yang berwenang untuk mengevaluasi keberadaan perlintasan tidak dijaga tersebut yang berpotensi menimbulkan bahaya kecelakaan untuk dilakukan peningkatan keselamatan," tegasnya. (tjs/dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral