Suasana di Stasiun Semarang Tawang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kecelakaan KA Turangga dan KA Bandung Raya Tak Berimbas ke Jadwal KA di Daop 4 Semarang

Jumat, 5 Januari 2024 - 11:40 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Insiden kecelakaan kereta api kembali terjadi. KA Turangga rute Surabaya-Bandung bertabrakan dengan KA Commuterline Baraya atau Bandung Raya di dekat Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2023).

Sejumlah jadwal perjalanan kereta api lintas selatan Bandung ke arah Kroya terimbas akibat peristiwa ini. Namun demikian, peristiwa tersebut tidak berimbas ke lintas di wilayah KAI Daop 4 Semarang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan,, tidak ada dampak operasional KA di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang akibat peristiwa kecelakaan kereta api antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dengan Commuterline Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka Kabupaten Bandung pada Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB.

"Untuk wilayah Daop 4 Semarang tidak ada KA yang terganggu akibat kejadian tersebut," jelas Franoto di Semarang, Jumat (5/1/24).

Ia menambahkan, jalur rel antara Haurpugur - Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan ini. Jalur tersebut merupakan jalur kereta api lintas selatan yang menghubungkan Bandung menuju Kroya, Yogyakarta hingga Solo.

Sedangkan untuk di wilayah jalur utara yang salah satunya termasuk wilayah Daop 4 Semarang, tidak ada imbas gangguan maupun keterlambatan KA.

KAI saat ini, lanjutnya, sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut. Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur - Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan disampaikan. (tjs/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral