Banjir menggenangi pemukiman warga di Desa Wironatan, Dusun Gebangrejo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Hujan Deras Semalaman, Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga di Purworejo

Selasa, 30 Januari 2024 - 12:45 WIB

Purworejo, tvOnenews.com - Intensitas curah hujan yang tinggi mengguyur Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengakibatkan banjir merendam rumah 270 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Gebangrejo, Desa Wironatan, Kecamatan Butuh, Selasa (30/01/2024).

Kketinggian banjir bervariasi antara 70 cm hingga 1,5 meter di sekitar rumah warga. Petugas gabungan melakukan pemantuan wilayah, mengantisipasi apabila ada warga yang hendak mengungsi dan membutuhkan evakuasi.

Banjir yang melanda wilayah ini akibat luapan air sawah, sumbatan saluran air. Selain itu Desa Wironatan merupakan wilayah dataran rendah sehingga limpahan dari sejumlah desa tetangga menggenangi pemukiman warga setempat.

Kalak BPDB Purworejo Haryono menjelaskan, banjir yang terjadi di Desa Wironatan, Kecamatan Butuh, diakibatkan hujan yang tanpa henti sejak semalam. Meski demikian warga masih enggan untuk mengungsi.

"Untuk saat ini masyarakat belum mau diungsikan karena banjir sudah sering terjadi dalam setiap tahunnya, terkecuali hujan kembali turun maka dari pihak BPBD bersama instansi lain siap untuk mengevakuasi," jelas Haryono.

Lebih lanjut, kalak BPBD menuturkan, upaya yang dilakukan oleh TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Purworejo membantu sebagian besar masyarakat yang terdampak dengan mengassement terlebih dahulu dampak banjir yang terjadi untuk bisa ditindak lanjuti.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Desa Wironatan untuk terus waspada terhadap curah hujan yang tinggi sehingga di mungkinkan akan terjadi luapan air sungai yang mengakibatkan terjadinya korban baik matriil maupun lainya," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral