Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, lakukan fogging guna mengantisipasi penyebaran wabah penyakit, Senin (26/2/2024)..
Sumber :
  • Dok BNPB

Cegah Wabah Penyakit Pasca Banjir, Dinkes Demak Gencarkan Fogging dan Dekontaminasi

Selasa, 27 Februari 2024 - 09:29 WIB

Demak, tvOnenews.com - Upaya pemulihan pemukiman warga pasca banjir di Demak, Jawa Tengah, Tim gabungan penanganan darurat banjir melakukan pengasapan atau fogging di pemukiman warga terdampak banjir. 

Dilansir dari keterangan tertulis Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, kegiatan pengasapan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah penyakit pasca banjir yang terjadi.

Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Tri Handayani mengatakan, pengasapan ini akan dilaksanakan di 18 desa terdampak.

“Kami bagi satu hari itu empat tim untuk melakukan fogging di satu desa. Sejak hari Sabtu kemarin sampai hari ini (26/2) sudah dilakukan fogging di lima desa, targetnya sama dengan dekontaminasi yaitu sebanyak 18 desa,” kata Tri Handayani, Senin (26/2/2024). 

Tri menjelaskan, selain pengasapan, kegiatan dekontaminasi dengan penyemprotan desinfektan sebelumnya telah dilakukan.

Dekontaminasi sendiri merupakan upaya mengurangi dan menghilangkan kontaminasi mikroorganisme  pada peralatan, bahan, dan ruang, dan lingkungan melalui aktivitas disinfeksi atau upaya untuk mengurangi dan menghilangkan jumlah mikroorganisme pathogen penyebab penyakit dengan cara fisik dan  kimiawi.

Menurut Tri, dua kegiatan ini sekarang menjadi fokus yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Demak mengingat pascabanjir potensi penularan wabah penyakit menjadi rentan terjadi yang dipicu oleh terkontaminasinya permukiman warga dengan sampah banjir. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral