Kakorlantas Polri Irjenpol Aan Suhanan memberi keterangan saat Acara Aksi Keselamatan Jalan di Semarang, Sabtu (2/3/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kakorlantas Sebut Dalam Setahun 27.000 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan di Indonesia

Sabtu, 2 Maret 2024 - 20:47 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Kakorlantas Polri, Irjenpol Aan Suhanan mengungkapkan, data angka kecelakaan lalu lintas secara nasional di Indonesia cukup tinggi.

Dalam setahun ada lebih dari 152. 000 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal lebih dari 27.000 orang. Itu artinya, dalam satu hari ada 76 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.

"Maka hari ini kita mencanangkan aksi keselamatan jalan sebagai bentuk keprihatinan, sebab berdasarkan data terdapat angka kecelakaan cukup tinggi secara nasional, diketahui bahwa dalam satu hari ada 76 orang meninggal akibat kecelakaan dan dalam satu jam ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan," kata Kakorlantas Polri Aan Suhanan, saat Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Candi 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan di  Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Sabtu (2/03/2024).

Aan Suhanan menyebutkan, ada tujuh pelanggaran yang akan menjadi atensi selama Operasi Keselamatan lalu lintas sebab ketujuh hal tersebut mengakibatkan korban yang banyak serta bersifat fatalitas tinggi.

Yaitu over speed atau kecepatan berlebihan, helm tidak standart, tidak  menggunakan sabuk pengaman, berkendaraan di bawah pengaruh alcohol atau obat-obat terlarang, penggunaan handphone ketika berkendara, melawan arus dan verload atau muatan berlebihan.

Sementara itu, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho yang memimpin gelar pasukan, menyampaikan, bahwa operasi keselamatan sudah di rencanakan oleh Polda Jateng dengan tujuan untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas.

"Telah ditetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Polda Jawa Tengah, dilaksanakan selama 14 hari dari 4 Maret hingga 17 Maret 2024 serentak di seluruh Indonesia," jelas Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho.

Wakapolda menegaskan, operasi keselamatan candi 2024 lebih mengedepankan upaya pencegahan serta meningkatkan pengetahuan masyakat terkait keselamatan berlalulintas. Agar kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas meningkat, sehingga menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng Kombes Polisi Satake Bayu menjelaskan Ops Keselamatan lalu lintas candi 2024 digelar dengan jenis operasi pemeliharaan keamanan dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung dengan kegiatan penegakan hukum, humas dan banops serta kegiatan kepolisian lainnya.

"Secara spesifik tujuan operasi ini adalah meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka rasio fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polda Jateng khususnya polisi lalu lintas serta terwujudnya commander wish Kapolda Jateng yaitu Polda Jateng Hadir," jelasnya.(tjs/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
01:33
Viral