Kawasan Taman Wisata Gunung Merbabu, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tim tvOne

Darurat Sampah Lokasi Wisata Ancam Keindahan Alam Pegunungan

Selasa, 5 Maret 2024 - 12:27 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Sampah dilokasi wisata saat ini menjadi polemik bagi semua pihak termasuk di sejumlah jalur pendakian dan perkemahan di gunung gunung yang ada di Indonesia.

Permasalahan sampah ini tidak akan bisa selesai jika semua pihak tidak membangun kesadaran untuk mengurangi sampah, baik sampah organik maupun sampah non organik.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rosa Vivien Ratnawati meminta masyarakat tidak menghasilkan sampah di tempat wisata. Termasuk di Taman Nasional atau kawasan konservasi alam lain, seperti gunung-gunung.

" Indonesia yang sudah terkenal dengan keindahan alamnya, nantinya diupayakan tidak ada sampah. karenanya perlu edukasi kepada masyarakat untuk tidak mengasilkan sampah di tempat wisata," ujar Rosa Vivien Ratnawati, Selasa (5/03/2024).

Guna mewujudkan wisata tanpa sampah, KLHK mendorong program 'Zero Waste Adventure Camp' yang digelar selama 3 hari di kawasan wisata alam Taman Nasional Gunung Merbabu di Kalipasang Desa Tajuk Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024, dengan tujuan menciptakan generasi dengan budaya baru dalam beraktivitas di alam bebas tanpa sampah. 

Kegiatan Zero Waste Adventure Camp ini diikuti oleh 110 peserta yang terdiri dari peserta Umum dan Mapala 41 peserta, Pramuka 32 peserta serta Mitra TN Merbabu 38 peserta.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral