Situasi jalur mudik di Pasar Bulakamba, Jalan Pantura Brebes, Senin (25/3/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Tri Handoko

Pasar Tumpah Bulakamba Jadi Biang Kemacetan Jalur Mudik Lebaran di Pantura Brebes

Senin, 25 Maret 2024 - 15:11 WIB

Brebes, tvOnenews.com - Keberadaan pasar tumpah kerap menjadi biang kemacetan saat musim mudik lebaran, akibat banyaknya pedagang yang berjualan persis di badan jalan. 

Kondisi ini diperparah, dengan maraknya penarik becak yang mangkal hampir menutup salah satu lajur jalan, angkutan umum yang menurunkan dan menaikan penumpang serta hilir mudik masyarakat menyeberang jalan yang keluar masuk pasar.

Seperti yang terlihat di salah satu biang titik rawan kemacetan lalu lintas di jalur mudik yakni Pasar Bulakamba, di Jalan Pantura Brebes, Jawa Tengah.

Meski instansi terkait seperti Satlantas Polres Brebes dan Satpol PP, sebenarnya kerap kali melakukan penertiban. Namun, pedagang tak pernah kapok dan enggan masuk pindah ke dalam pasar.

Mereka lebih memilih tempat di luar pasar karena lebih laku ketimbang harus berjualan di dalam pasar.  Apalagi pedagang yang berjualan hingga memakan badan jalan itu, merasa legal berjualan karena setiap hari membayar retribusi kepada pengelola pasar.

Meski disatu sisi kondisi tersebut membahayakan keselamatannya saat berjualan yang rawan kecelakaan. Apalagi banyak kendaraan besar yang melintas seperti truk bermuatan lebih dari dua sumbu melintas.

"Saya sudah 15 tahun jualan di pinggir jalan, sebenarnya takut tapi gimana lagi, lebih laku disini ketimbang jualan di dalam pasar," kata Asih, seorang pedagang setempat, Senin (25/3/2024).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral