Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang. (Dokumentasi).
Sumber :
  • Tim tvOne - Tim tvOne

Polri Pastikan Pemberlakuan Ganjil-Genap Japek-Semarang saat Arus Mudik Telah Disimulasikan

Selasa, 2 April 2024 - 15:55 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Korlantas Polri telah melakukan simulasi terhadap pemberlakuan ganjil-genap saat arus mudik lebaran 2024 ini yang akan diberlakukan di sepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

"Ganjil genap diberlakukan ini hanya untuk di jalur tol penggal jalan Jakarta-Cikampek sampai dengan Kalikangkung,” kata Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, Selasa (2/4/2024). 

Raden Slamet menjelaskan, pemberlakukan ganjil-genap tak terlepas dari survei Kemenhub bahwa tujuan terbanyak pemudik ke Jawa Tengah.

“Karena tujuan mudiknya itu jelas, tujuannya adalah Jawa Tengah dan Yogyakarta,” ujarnya.

Penerapan ganjil genap juga disebabkan terjadi perbedaan ruas tol Jakarta-Cikampek, mulai dari 3 lajur, 5 lajur, 4 lajur, hingga 2 lajur. Terlebih 28,6 juta pemudik diperkirakan akan keluar dari Jabodetabek.

“Itu (pemudik) kalau bersamaan jalannya, itu akan terjadi stuck (kepadatan),” ungkap Dirgakkum.

Untuk mengatasi kepadatan itu, Dirgakkum mengaku telah mensimulasikan penerapan ganjil genap di ruas tol Japek. Dirgakkum menegaskan ganjil-genap akan diterapkan untuk menekan angka VCR (Volume-Capacity Ratio).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral