Suasana Kota Lama Semarang saat libur Lebaran 2024..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Libur Lebaran, Kunjungan Wisata Kota Semarang Naik 32 Persen, Kota Lama Favorit

Sabtu, 13 April 2024 - 22:49 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang mencatat jumlah kunjungan wisata ke kota ini naik 32 persen hingga hari ketiga libur Lebaran tahun 2024.



Sub Koordinator Informasi Budaya & Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Agus Kariswanto mengungkapkan data, jumlah kunjungan wisata ke Kota Semarang sampai hari ke 3 libur Lebaran mencapai 236 ribu, per Jumat (12/4/2024) malam.

 

"Jadi kalau dihitung periode sama dibanding tahun lalu naik 32 persen," kata Kariswanto, Sabtu (13/4/2024).

Ia menyebutkan, destinasi Kota Lama masih menjadi favorit wisatawan, dan menduduki peringkat pertama kunjungan wisata di Jawa Tengah.

Kota Lama, lanjutnya, terus berbenah dan semakin cantik dan tertata hingga disebut Little Netherland, mengingat pada area ini dulunya merupakan fokus pembangunan di masa penjajahan Belanda.

"Wali Kota Bu Hevearita terus mempercantik Kota Lama. Destinasi ini menawarkan wisata dengan suasana tempo dulu, dikelilingi bangunan kuno masa kolonial Belanda, dengan sebagian besar bangunan telah direvitalisasi," ungkap Kariswanto.

Ia merinci, destinasi paling favorit Kota Lama Semarang, kemudian Pantai Marina dan Museum Lawang Sewu. Wisata lain seperti Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang Zoo, Goa Kreo, juga turut mengalami peningkatan pengunjung

Menurutnya, cuaca cerah dan relatif sejuk dibanding tahun sebelumnya menjadi salah faktor wisatawan tertarik datang ke kota Semarang.

"Karena tahun lalu cuaca saat lebaran sangat panas, sedangkan tahun ini relatif sejuk. Sehingga  pergerakan pengunjung wisata juga lebih oke. Hanya saja, data itu masih sementara dan akan terus berkembang. Karena tahun lalu justru pasca lebaran terjadi lonjakan pengunjung," katanya.

Sebagai informasi, salah satu faktor Kota Lama menjadi favorit karena aksesnya yang mudah. Selain itu obyek wisata Kota Lama ini juga tidak berbayar alias gratis sehingga wisatawan tak perlu membeli tiket seperti destinasi wisata pada umumnya. (tjs/dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral