Tradisi pacuan kuda bulan Syawal di Kebumen dipadati ribuan penonton, Selasa (16/4/2024)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Ribuan Orang Padati Arena Pacuan Kuda, Tradisi Syawalan Masyarakat di Pesisir Kebumen

Selasa, 16 April 2024 - 20:20 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Tradisi pacuan kuda yang diselenggarakan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Cabang Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dipadari ribuan penonton pecinta pacuan kuda, Selasa (16/4/2024). 

Hiburan rakyat warga pesisir Kebumen, di Bulan Syawal ini sukses menyedot perhatian masyarakat Kebumen maupun dari luar Kebumen. Bahkan banyak dari penonton yang nekad menyaksikan keseruan pacuan kuda ini dari area dalam pacuan.

Pacuan kuda ini selain sebagai ajang mencari bibit-bibit baru dalam olahraga berkuda, juga merupakan tradisi atau kebiasaan warga pesisir Kebumen dalam merayakan hari raya Idul Fitri. 

"Lomba pacuan kuda ini merupakan tradisi yang harus dilestarikan. Karena ini aset dari kearifan lokal masyarakat Ambal yang memiliki nilai positif, terutama untuk mendongrak ekonomi masyarakat," kata Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Diketahui, tradisi pacuan kuda di Ambalresmi ini sudah berlangsung sejak tahun1956. Peserta bukan hanya dari Kebumen, tapi banyak yang berasal dari luar daerah. Seperti Purworejo, Jogja, Cilacap, serta dari sejumlah Provinsi lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo yang hadir untuk yang kedua kalinya dalam tradisi tahunan yang digelar tiap libur lebaran ini menyambut baik event tersebut.

Menpora mengatakan, pacuan kuda yang sudah menjadi tradisi warga pesisir Kebumen ini kedepan bisa lebih baik lagi, terutama faktor keamanan yang harus lebih diperhatikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral