Seporsi Nasi Kebuli di Kampung Arab, Semarang.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Yuk! Coba Nasi Kebuli di Kampung Arab Semarang

Jumat, 7 Januari 2022 - 09:59 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Dalam perjalanannya, sejak dulu Semarang menjadi persinggahan dagang para saudagar dari berbagai bangsa. Termasuk bangsa Arab dan Timur Tengah lainnya. Selain berdagang, mereka juga menyebarkan agama, serta membawa budaya dan kebiasaan mereka. Termasuk kuliner tentu saja.

 

Nah, ada satu tempat yang banyak dihuni warga keturunan Arab di Kota Semarang. Yaitu di kawasan Kampung Petek dan Kampung Melayu. Lokasi di bagian utara kota dan masih berdekatan dengan kawasan muslim Kauman dan kawasan perdagangan Johar.

 

Di sini, warga Keturunan Arab membuat makanan khas leluhur mereka. Sebagian kemudian membuka kedai. Salah satunya Warung Nasi Kebuli Aminah. Sesuai namanya, maka hidangan utamanya adalah nasi kebuli khas Arab. Selain itu, ada juga nasi tomat yang juga khas kuliner Timur Tengah.

 

"Ya, di Kampung Petek ini kan memang terkenal Arabnya, kalau nasi kebuli ini sudah turun-temurun dari kakek saya. Ini ibu saya sudah generasi ketiga, kalau saya nanti generasi keempat, insyaa Allah," kata Bilqis, penjual nasi kebuli di Kampung Petek.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral