Seporsi Nasi Goreng Abonjapi.
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Nasi Goreng Abonjapi, Ada Kriuk Abon hingga Suapan Terakhir

Selasa, 11 Januari 2022 - 10:21 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Nasi goreng, hidangan khas Indonesia yang sudah diakui dunia. Ada banyak variannya, mulai dari nasi goreng ayam, seafood hingga petai. Di Purbalingga Jawa Tengah, ada sebuah desa dengan hidangan nasi goreng yang khas, yakni nasi goreng abonjapi. Kenapa namanya demikian unik? Ternyata itu abonjapi adalah akronim dari abon jantung pisang. Tentu, dari nama yang unik, ada sensasi beda saat menikmati nasi goreng ini. 

 

Nasi goreng abonjapi, biasa ditemukan sebagai hidangan wisata tepi Kali Gintung, di Desa Kalior, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga. Dari tampilannya, mirip nasi goreng pada umumnya, namun hidangan khas ini memiliki lapisan atau layer-layer abon.

 

Desa Kaliori memang sentra buah pisang, sehingga banyak warga yang selain memanen pisang, juga memanfaatkan jantungnya. Jantung pisang memang bisa diolah menjadi makanan. Hidangan sederhana, misalnya dibuat pecak. 

 

Saking banyaknya produksi jantung pisang, warga mulai kreatif. Jantung ini diolah menjadi abon. Abonjapi ini, menjadi produk rumah tangga yang dikenal dan khas dari desa ini. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral