Heru Memperagakan Cara Kerja Alat Mini Fogging di Hadapan Ketua DPRD Kudus.
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Mantan Sopir Ciptakan Alat Mini Fogging untuk Cegah DBD

Rabu, 12 Januari 2022 - 15:24 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Seorang warga Kudus, Jawa Tengah membuat alat fogging DBD portable yang praktis.  Alat rakitannya yang diberi nama mini fogging tersebut kini laris manis terjual.

Apalagi saat musim penghujan seperti sekarang ini dimana penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk juga tengah merebak di berbagai daerah.  

Adalah  Heru Rusiyanto, seorang mantan sopir warga Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan itu sudah membuat fogging DBD portable sejak dua tahun belakangan ini. Bapak satu anak ini mengaku awalnya membuat alat fogging sederhana tersebut karena banyak nyamuk di rumahnya.

Mini Fogging buatannya lantas dipamerkan di DPRD Kudus. Heru pun memperagakan fogging hasil buatannya itu. Menurutnya, fogging portable tersebut dibuat dari berbagai bahan sederhana. Mulai dari koil dari tembaga, pompa, selang, hingga sprayer. Dari bahan itu kemudian dibuat menjadi sebuah fogging sederhana.

"Dulunya saya seorang sopir. Kalau awal mula ide ini, rumah saya banyak nyamuk, agak lembab karena musim hujan. Saya lalu berpikir cara menghilangkan nyamuk dengan fogging," kata Heru saat ditemui di Kantor DPRD (11/2/2021).

"Pada saat itu memakai rokok vape itu lalu saya kembangkan ini, dari minyak menjadi asap, cari inspirasi untuk ini, dan  memakan waktu kurang lebih dua bulan," lanjut dia.


Adapun cara kerja, kata dia sprayer dikasih obat fogging kemudian dipompa dan dialirkan ke koil yang terbuat dari tembaga. Setelah itu, tunggu sampai sprayer mengeluarkan air dan volume gas kaleng dinyalakan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:24
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
Viral