Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak di Kabupaten Purbalingga.
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Vaksin Booster di Purbalingga Belum Dimulai, Pemkab Menunggu Instruksi Dinkes Jateng

Rabu, 12 Januari 2022 - 16:28 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Suntik dosis ketiga atau vaksin booster Covid-19 di Kabupaten Purbalingga belum jelas. Program vaksin booster sudah diluncurkan secara nasional mulai hari ini.

"Pada saat ini kami masih belum mendapatkan vaksin tersebut, kami masih menunggu instruksi dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan mendapatkan vaksin booster," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, dr Jusi Febrianto kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Pihaknya juga mengaku belum memiliki rencana atau jadwal untuk pelaksanaan vaksinasi booster. Saat ini, masih konsentrasi percepatan vaksin usia 6-11 tahun.

Pemkab Purbalingga mentarget pertengahan Januari, vaksinasi anak untuk dosis pertama sudah selesai. Namun, jika nantinya ada instruksi untuk pelaksanaan vaksinasi booster, pihaknya siap melaksanakan.

Secara nasional, program vaksinasi booster diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi WHO. Vaksin booster akan dilakukan di kabupaten/kota yang memenuhi kriteria 70 persen suntik pertama dan 60 persen suntik kedua. Sudah ada 244 kabupaten/kota yang memenuhi kriteria.

Syarat penerima vaksin booster adalah orang yang sudah menerima vaksin dosis kedua dengan minimal enam bulan setelah vaksinasi. Sudah ada 21 juta sasaran di bulan Januari yang memenuhi syarat. 

Sementara itu, diketahui pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Purbalingga sudah memenuhi syarat tersebut. Sebab, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 82 persen lebih. Sedangkan, vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 60 persen lebih. Target total vaksinasi adalah 778.743 orang. (Sonik Jatmiko/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral