Slamet dan istrinya menunjukkan ketela jumbo berukuran 2,6 meter yang ditemukan di kebunnya..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Heboh, Petani di Rembang Panen Ketela Berukuran Jumbo Sepanjang 2,6 meter

Jumat, 14 Januari 2022 - 16:43 WIB

Rembang, Jawa Tengah - Seorang petani di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dikejutkan dengan ketela hasil panen dikebunnya yang berukuran tak lazim, ukurannya tidak seperti ketela pada umumnya.

Ketela berukuran jumbo tersebut berada di sebuah lahan kebun yang digarap oleh pasangan suami istri Slamet (58) dan Umbarni di Desa Waru, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 

Saat diukur panjang ketela mencapai 2,6 meter dan berat sekitar 35 kilogram. Diperkirakan usia ketela sudah hampir tiga tahun dan tidak dipanen sehingga memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan ketela pada umumnya.

“Yang ada ketelanya ini ya sekitar tiga tahun, biasanya saya itu enam bulan tujuh bulan sudah saya panen ketelanya. Biasanya sih paling panjang satu meter saya mendapatkan di kebun,” tambah Slamet.

Penemuan ketela jumbo ini berawal saat Slamet yang sedang menanam rumput gajahan di kebunnya, tak sengaja melihat ada umbi ketela menyembul sedikit dibalik tanah. Slamet kemudian mencoba menggali tapi tak kunjung selesai karena ukuran ketela sangat besar dan panjang.

“Awalnya itu saya nanam rumput gajah, lalu lokasinya itu saya cangkul lalu kelihatan itu ketelanya. Butuh waktu sekitar setengah jam saya cangkul untuk mengeluarkannya dari dalam tanah,” jelasnya

Setelah ramai di media sosial, Ketela atau singkong jumbo sepanjang 2,6 Meter milik Slamet akhirnya dibeli oleh Dinas Pertanian Dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang.

Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto, mengatakan pihaknya mengetahui adanya ketela tersebut dari media sosial. Setelah itu ditelusuri dan ketemu dengan pemilik ketela.

“Kita ketemu dengan pak slamet pemilik ketela, kita coba tawar untuk kami jadikan salah satu materi yang dipamerkan di Pasar Tani. Dan Alhamdulillah pak Slamet sepakat dan menerimanya,“ kata Agus Iwan Haswanto, Jumat (14/1/2022).

Agus Iwan Haswanto menjelaskan ukuran ketela dengan panjang 2,6 Meter termasuk luar biasa. Berdasarkan analisa pihak Dintanpan, usia ketela yang lama, menjadikan ketela berukuran besar dan panjang.

“Akarnya menyimpan makanan dalam waktu cukup lama, sehingga ukuran ketela yang dihasilkan fantastis,” pungkasnya. (Abdul Rohim/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral