Ratusan Kapal Nelayan Ditambatkan Akibat Cuaca Buruk.
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Cuaca Buruk, Nelayan Jepara Berhenti Melaut Harga Ikan Naik

Sabtu, 15 Januari 2022 - 15:41 WIB

Jepara, Jawa Tengah - Cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang tinggi di Laut Jawa, tepatnya perairan Jepara Jawa Tengah terjadi hampir sepekan terakhir. Ketinggian gelombang laut mencapai hingga empat meter.

 

Hal ini, mengakibatkan para nelayan di Jepara tidak berani melaut karena pertimbangan keselamatan. Selama berhenti melaut, nelayan memanfaatkan waktu dengan memperbaiki peralatan penangkap ikan, seperti jaring dan perawatan mesin perahu motor.


 

Selama tidak melaut, para nelayan harus kehilangan penghasilan. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, para nelayan harus mengencangkan ikat pinggang dengan hidup berhemat dan bertahan dari hasil melaut sebelumnya. Seperti yang diungkapkan salah seorang nelayan, Sahroni, ia harus lebih berhemat untuk sementara waktu saat tidak melaut.

 

“Ya, ini ombaknya lagi tinggi karena cuacanya, tingginya hampir empat meter. Sekarang di rumah saja dulu memperbaiki jaring-jaring yang rusak.” ungkapnya.

 

Di sisi lain, cuaca buruk juga turut berdampak terhadap kurangnya pasokan ikan dari nelayan Jepara. Untuk sementara, pedagang ikan di tempat pelelangan ikan Ujung Batu Jepara hanya bisa mengandalkan pasokan ikan dari daerah lain yakni Kabupaten Rembang. Minimnya pasokan ikan juga mengakibatkan kenaikan harga ikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral