Anggota TNI POLRI Bersama Umat Lintas Agama Membersihkan Patung-patung di Klenteng Hok Tik Bio, Pati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Toleransi, Lintas Agama dan TNI Polri Bersihkan Klenteng Jelang Imlek

Jumat, 21 Januari 2022 - 14:38 WIB

Pati, Jawa Tengah - Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573, puluhan warga lintas agama bersama TNI Polri di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ikut berpartisipasi dalam ritual bersih-bersih Klenteng Hok Tik Bio.

 

Keikutsertaan elemen masyarakat lintas agama, jelang Tahun Baru Imlek ini, selain sebagai wujud kerukunan dan toleransi antar umat beragama, juga diharapkan mampu mempererat hubungan kebersamaan antar umat beragama.

 


Kesibukan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573, mulai terasa di Klenteng Hok Tik Bio, di kawasan Pecinan, Jalan Setiabudi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tidak hanya dilakukan oleh warga Tionghoa yang beragama Konghucu saja.

Namun, puluhan elemen masyarakat lintas agama bersama aparat TNI Polri dari Kodim 0718, Polres dan Brimob Pati serta biarawati juga turut berpartisipasi dalam ritual bersih-bersih klenteng yang digelar warga Tionghoa. Selain membersihkan lingkungan klenteng, mereka juga sibuk mencuci dan membersihkan patung patung untuk sarana beribadah yang ada di klenteng tersebut.



Ketua Klenteng Hok Tik Bio Pati, Edi Siswanto, mengatakan keikutsertaan elemen masyarakat lintas agama ini, selain sebagai wujud kerukunan dan toleransi antar umat beragama, juga diharapkan mampu mempererat hubungan kebersamaan antar umat beragama.


“Hari ini kita melakukan ritual bersih-bersih klenteng jelang Imlek yang melibatkan umat lintas agama, susteran dan TNI Polri, ini adalah unik dari Klenteng Hok Tik Bio Pati. Kami berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan toleransi dan kerukununan antar umat beragama di Pati,” ujar Edy Siswanto, Jumat (21/1/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral