Unjuk rasa petani di Purworejo desak program mega proyek Bendung Bener segera direalisasikan, Jumat (21/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Unjuk Rasa Ratusan Petani di Purworejo, Desak Proyek Bendungan Bener Direalisasikan

Jumat, 21 Januari 2022 - 20:14 WIB

Purworejo, Jawa Tengah - Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Petani Purworejo dan Organisasi Komando Bela Rakyat (KBR), menggelar aksi unjuk rasa menuntut Proyek Strategis Nasional Bendungan Bener segera diselesaikan, Jumat (21/01/2022).

Dalam orasinya, Komandan KBR, Heri Priantono, menyampaikan aksi tersebut  dilatarbelakangi kebutuhan air bagi petani merupakan satu hal yang vital. Mengingat aliran air dari irigasi dari waduk mengalami penurunan debit.

"Para petani memiliki harapan besar terhadap Bendungan Bener. Kami yakin, jika air dari Bendungan Bener sudah mengalir, petani dapat melakukan panen hingga tiga kali dalam satu tahun," kata Heri Priantono.

Heri mengatakan, debit air irigasi yang terbatas menyebabkan para petani harus menyedot air dari sumur sehingga menambah beban operasional. Sementara kebutuhan pengairan mencapai luas lahan 29.004 hektar.

Atas situasi dan kondisi tersebut serta adanya peluang solusi yang sudah ada di depan mata, kami Aliansi Rakyat Petani Purworejo menyatakan sikap dan tuntutan, diantaranyta, normalisasi infrastruktur irigasi secara menyeluruh, percepatan pembangunan Bendungan Bener, mendukung eskavasi material Bendungan Bener di Desa Wadas.

Pengunjuk rasa  juga menyatakan mendukung penuh pemerintah dan aparat keamanan untuk menegakkan supremasi hukum terhadap oknum perusuh dan penghambat pembangunan bendungan bener yang vital. Terlebih, beberapa tahun terakhir aliran irigasi yang bersumber dari Waduk Wadaslintang mengalami penurunan debit.

“Area pesawahan yang dialiri dari Waduk Wadaslintang seringkali tidak cukup karena debitnya berkurang. Hal ini memberikan dampak negatif bagi produktifitas padi di wilayah kecamatan Gebang, Kemiri, Kutoarjo, Bayan, Purworejo, Banyuurip, Ngombol dan sejumlah kecamatan lainnya,” ungkap Heri. (Edi Suryana/Buz)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:57
02:09
12:33
02:09
08:03
01:19
Viral