Warga binaan Lapas Klas IIB Batang dilatih mengolah telur bebek, Jumat (21/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Mustofa

Bekal Setelah Bebas, Narapidana Lapas Kelas IIB Batang Belajar Produksi Telur Asin

Jumat, 21 Januari 2022 - 20:33 WIB

Batang, Jawa Tengah - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Batang menggelar pelatihan produksi telur asin dan budidaya itik petelur bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk menjadi wirausahawan apabila mereka telah selesai menjalani masa hukumannya.

Pelatihan ini diberikan untuk melihat potensi dan peluang yang dapat dikembangkan oleh para warga binaan. Pelatihan ini dilakukan dengan mengundang Kelompok Ternak Itik Mutiara Biru sebagai mentor bagi warga binaan.

Kapala Seksi Pembinaan Narapidana dan Pendidikan Kegiatan Kerja (Binadik) Lapas Batang, Satria Wicaksono mengatakan, pelatihan tersebut tidak hanya untuk mengisi waktu luang WBP, namun selebihnya agar mereka memiliki bekal ketika telah bebas dan akan kembali ke tengah masyarakat.

“Sebelum masuk sebagai WBP ada yang belum punya kemampuan wirausaha apapun, nantinya setelah dilatih keterampilan, bisa memperbaiki perekonomian bagi dirinya maupun keluarganya,” kata Satria Wicaksono, saat mendampingi WBP dalam Pelatihan Itik Petelur dan Pembuatan Telur Asin, di Aula Lapas Kelas IIB Kabupaten Batang, Jumat (21/1/2022).

Pelatihan ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Batang, agar tercipta lapangan kerja baru.

“Langkah awal kami berdayakan WBP yang berbakat dibidang pembuatan telur asin dengan didukung Dharma Wanita Persatuan Lapas Batang, dalam proses produksinya. Untuk pembagian hasilnya WBP yang berperan langsung dalam proses produksi, akan memperoleh upah premi,” jelasnya.

Ia memastikan, apabila memungkinkan kedepan akan dibuka pula peternakan itik yang memanfaatkan Kebun Asimilasi Lapas Batang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral