Menteri ESDM meninjau uji coba bensin sawit di Kudus..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Wujudkan Negara Mandiri Energi, Menteri ESDM Dorong Pengembangan Bensin Sawit

Selasa, 25 Januari 2022 - 18:39 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengapresiasi pengembangan bahan bakar minyak (BBM) dari bahan baku sawit agar Indonesia nantinya bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan energy di dalam negeri. Bbm dari bahan baku sawit tersebut diberi nama bensa (Bensin Sawit).

"Melihat hasil sawit yang sangat melimpah, negara ini harus bisa mandiri energi dengan mencukupi kebutuhan energi masyarakat. Untuk mewujudkannya, tentu anak bangsa harus menguasai teknologinya," ujarnya saat mengunjungi pilot plant untuk mengonversi CPO ke bensin di PT Pura Barutama Divisi Engineering Kudus, Selasa (25/01/22).

Ia mengungkapkan, inovasi pembuatan bensa tersebut, memang diinisiasi Institut Teknologi Bandung (ITB) dua tahun sebelumnya. Lantas didorong supaya bisa ditingkatkan dari skala laboratorium menuju skala yang lebih besar.

Akhirnya dengan dengan skala power plan 1.000 liter industrial vegetable oil (IVO), bisa menghasilkan bensa dengan tingkat oktan (RON/Research Octane Number) 115 yang mempunyai kualitas tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Arifin Tasrif juga mengapresiasi PT Pura yang memfasilitasi pabrik percontohan atau pilot plant tersebut. Karena Indonesia sendiri harus terus berupaya agar bisa mendiri dalam bidang yang menjadi kebutuhan masyarakat luas.

Sementara, impor BBM selalu meningkat tinggi, sedangkan sumber cadangan minyak mentah dalam negeri juga masih diupayakan untuk ditingkatkan produksinya agar nantinya bisa menjadi negara yang tidak bergantung pada impor.

"Berapa banyak biaya devisa yang harus dikeluarkan, berapa banyak biaya subsidi yang harus dialokasikan. Upaya anak bangsa melakukan inovasi teknologi sangat penting agar bisa mengurangi impor," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral