Jemaat klenteng Hian Thian Siang Tee Welahan membersihkan Patung Budha jelang Imlek, Rabu (26/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Tradisi Bersih-bersih Kelenteng Sambut Tahun Baru Imlek 2573 di Jepara

Rabu, 26 Januari 2022 - 10:15 WIB

Jepara, Jawa Tengah - Jemaat Kelenteng Hian Thian Siang Tee di Welahan, Jepara, Jawa Tengah menyambut tahun baru Imlek 2573 dengan membersihkan seluruh peralatan dan ruang tempat ibadah. Kegiatan ini menjadi adat tradisi turun-temurun dari para leluhur setiap jelang tahun baru Imlek.

Dalam dua hari terakhir ini, jemaat membersihkan seluruh peralatan dan ruang ibadah termasuk arca patung dewa. 

Abu sisa pembakaran dupa dibersihkan dari bukhur atau wadah abu. Sisa-sisa abu biasanya akan ditempatkan ke kelenteng lain dan sebagian di larung ke sungai.    

Para jemaat yang datang tidak hanya dari Jepara, namun dari luar daerah seperti Kudus, Pati, Tuban, Banjarnegara, Semarang hingga Jakarta. Bersih-bersih klenteng menjadi adat tradisi turun-temurun dari para leluhur saat menyambut perayaan tahun baru imlek. 

“Ya prinsipnya kita sesuai adat dari leluhur, kita mengadakan tradisi bersih bersih klenteng ini satu minggu sebelum tahun baru Imlek. Kita membersihkan arca-arca yang ada dan peralatan yang lain, sama abu. Ya harapan kita Negara Indonesia yang kita cintai terbebas dari pandemi,” ungkap Dicky Sugandhi, ketua pengurus kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan, Rabu (26/1/2022).

Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan termasuk kelenteng tertua di Indonesia dan dikenal sebagai klenteng dewa langit dan dewa bumi.

Dalam perayaan tahun baru imlek 257, para jemaat berdoa agar Indonesia segera terbebas dari pandemi covid-19. (Galih Manunggal/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral