Anandya Selfana Prastikasari mencari krokot di sekitar rumahnya..
Sumber :
  • tim tvone - abdul rohim

Dianggap Tak Bermanfaat, Tanaman Krokot Diolah Menjadi Permen Kesehatan

Sabtu, 12 Februari 2022 - 17:37 WIB

Pati, Jawa Tengah - Tanaman krokot selama ini banyak tumbuh liar di pinggir jalan dan sering dianggap sebagai gulma. Namun, di tangan seorang mahasiswa asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah, krokot dapat diolah menjadi permen yang kaya manfaat bagi kesehatan

Anandya Selfana Prastikasari, seorang mahasiswi Fakultas Teknologi Pertanian sebuah universitas swasta di Semarang, warga Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini berhasil mengolah tanaman gulma krokot menjadi manisan permen yang berkhasiat bagi tubuh manusia.

Permen berbahan tanaman sejenis rumput liar ini dipercaya berkhasiat untuk mencegah kanker, diabetes, dan asam urat karena mengandung beta karotin, vitamin A, vitamin C, omega 3, serat kasar, serta antioksidan.

Lantaran manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan, bahkan mampu mencegah penyakit kanker, Anandya bersama  kedua rekannya yakni, Aulia Rifan Putra Nugraha dan Joko Rusmianto berinisiatif untuk mengolah krokot menjadi cemilan yang banyak disukai oleh semua usia. Pilihan pun jatuh pada produk permen atau manisan krokot.

Pembuatan permen krokot cukup mudah. Langkah pertama, tumbuhan krokot dicuci dengan air hingga bersih. Setelah itu, dimasukkan ke dalam air panas selama beberapa menit.

Selanjutnya, krokot diblender sampai halus, ditiriskan, dan dicampur dengan gula putih, tepung karagenan dari rumput laut, serta garam beriodium. Lalu, adonan yang telah dicampur ditempatkan di atas wadah.

Adonan diratakan hingga menjadi tipis atau bisa juga menggunakan cetakan untuk membuat bentuknya lebih menarik. Langkah berikutnya, adonan dimasukkan ke dalam oven dengan api sedang dan ditunggu selama 30 menit hingga permen matang sempurna. Terakhir, permen didinginkan dan sudah siap disajikan sebagai teman minum teh, maupun kopi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral