Salah satu anggota tim SAR Semarang tengah melakukan penanaman pohon..
Sumber :
  • tim tvone - teguh joko sutrisno

Cegah Longsor, SAR dan 1.001 Pendaki Tanam Pohon di Gunung Ungaran

Minggu, 13 Februari 2022 - 18:02 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang bekerja sama dengan  1.001 pendaki, melakukan rangkaian kegiatan tanam pohon se-Kedu Utara. Kegiatan tanam pohon di Gunung Ungaran berlangsung di area Kendal hingga Camp Mawar Gunung Ungaran. Acara dengan tema "Memetri Bumi Hanirna Prahara"  tersebut berlangsung selama dua hari yakni 12- 13 Februari 2022. 

Menurut Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, puncak penanaman pohon tersebut dilakukan dalam rangka menyongsong 50 tahun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Ia mengungkapkan, Kantor SAR Semarang menjadi pendukung sekaligus penggiat konservasi. Penanaman pohon di jalur pendakian Gunung Ungaran bertujuan mencegah terjadinya bencana tanah longsor di gunung dan hutan yang berada di wilayah Kedu Utara, meliputi Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang.

"Kami mendukung kegiatan tanam pohon dengan menyediakan beberapa jenis bibit, di antaranya pohon puspo, damar, beringin dengan jumlah 1000 bibit pohon," jelasnya.

Gunung Ungaran merupakan area yang selama ini menjadi tempat pelaksanaan penghijauan. Tak heran jika di lereng gunung ini jarang terjadi peristiwa longsor.

Beberapa penggiat lingkungan dari perguruan tinggi serta lembaga lainnya juga aktif melakukan penelitian dan upaya penangkaran satwa dilindungi di Gunung Ungaran. Di antaranya adalah melakukan pelepasan burung elang Jawa serta memberikan edukasi kepada masyaralat agar tidak melakukan perburuan liar terhadap satwa dilindungi. (Teguh Joko Sutrisno/Ard)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral