Banjir di Kendal Kota, Jumat (18/2/22)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Hujan Deras, Tujuh Kelurahan di Kabupaten Kendal Dilanda Banjir Musiman

Jumat, 18 Februari 2022 - 17:23 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Warga di 7 kelurahan, Kecamatan Kendal Kota, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kembali dilanda banjir musiman. Hujan deras yang mengguyur sejak Kamis malam hingga Jumat (18/2/22) pagi, membuat Sungai Kendal meluap. Air pun menggenangi pemukiman hingga masuk ke dalam rumah warga.

Menurut penuturan warga, luapan air sungai mulai menggenangi perkampungan pada Jumat dini hari. Ditambah hujan yang juga terjadi di Kendal Selatan yang berada di perbukitan, membuat luapan air mengalir dengan kencang.

Hingga Jumat siang ketinggian air mulai naik lagi karena hujan deras kembali mengguyur wilayah Kendal atas.

Genangan air yang cukup tinggi ada di Kelurahan Pegulon. Menurut warga, setiap kali hujan dan Sungai Kendal debit airnya naik, maka pemukiman yang posisinya lebih rendah dari sungai menjadi langganan banjir.

"Kalau hujan dan air sungainya meluap, kampung kami ini adalah yang pertama terdampak banjir. Wong posisinya itu di bawah ya airnya langsung masuk. Ini malah sampai dalam rumah," kata Sunarti, warga Kelurahan Pegulon.

Sementara pemukiman di Kelurahan Patukangan juga hampir sama. Menurut warga, mereka tidak kaget dengan banjir yang terjadi, karena sudah rutin setiap hujan di bagian atas maka kampung mereka kebanjiran. Warga mengaku sudah mengeluhkan ini berulang kali ke pemerintah setempat. Tapi hingga sekarang mereka masih menunggu realisasinya. 

"Nggak kaget, ini seperti santapan rutin setiap hujan deras. Bahkan warga sini sudah bersiap jika hujan deras terjadi di Kendal atas dan debit air Sungai Kendal mulai tinggi," kata Sodikun, warga Patukangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:45
02:45
00:46
05:00
11:55
13:30
Viral